Sobat Madarsah.
Jelang akhir semester seperti halnya tahuh ini, banyak operator yang kembali sibuk dengan aplikasi RDM (Rapor Digital Madarsah) lebih lebih di semesetr gasal yang dip[erlukan kerja sedikit ekstra karana harus mempersiapk seting awal tahun pelajaran. tidak seperti ketika semester ganap yang tinggal copy seting dari semseter sebelumnya.
RDM adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa madarsah yang dikembangkan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. RDM ini tersedia secara gratis digunakan oleh semua madrasah di seluruh Indonesia. RDM juga menjadi menjadi penyempurnaan atas aplikasi serupa, Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya. Tentunya dengan berbagai pelbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan langsung oleh Tim Teknis Kementerian Agama.
Tutorial Penggunaan RDM Semester Gasal
Ok. Langsung saja ke tutorial pengunaan Aplikasi RDM semester Gasal TP. 2022/2023.
Untuk pengunnan RDM di setiap awal tahun pelajaran / semester gasal langkahnya nya dapat di rangkum dalam 5 tahapan yaitu :
1. Proses naik kelas dan meluluskan dari tahun pelajaran sebelumnya
- Login RDM tahun pelajaran dan semester sebelumnya yaitu semester genap tahun pelajaran 2021/2022 (belum update)
- Klik Menu Naik Kelas pada menu Siswa
- Proses selanjutnya adalah Meluluskan Siswa ke kelas alumni terlebih dahulu sebagaimana dalam gambar dibawah ini (Tingkatan Lulus dan kelas Alumni)
- Klik all siswa kemudian Proses Naik kelas tunggu proses selesai ditandai dengan notifikasi dan siswa telah berpindah ke siswa alumni.
- Setelah proses meluluskan siswa langkah selanjutnya yaitu proses Naik Kelas. dalam proses ini langkahnya hampir sama dengan proses melusukan siswa yaitu pilih kelas yang akan di naikkan ke tingkat kelas bedanya disini untuk kelas atasnya ditambah dengan cara klik tanda "+" disamping tahun ajaran sebelumnya.
- Klik all siswa kemudian Proses Naik kelas tunggu proses selesai ditandai dengan notifikasi dan siswa telah berpindah ke siswa alumni.
- Lakukan poses naik kelas untuk semua kelas yang ada.
2. Pengaturan tahun pelajaran
Langkah salanjutnya serlah proses naik kelas dan kelulusan selesai yaitu pengaturan tahun pelajaran baru (TP. 2022/2023) dengan cara :
- Klik menu Lembaga
- Plih sub menu pengaturan kemudian pilih tahun pelajaran sekarang serta semester aktif beserta sistem penilaiannya (jika tahun pelajaran sekarang belum ada silahkan update aplikasinya). Hal ini digunakan untuk menentukan tahun ajaran dan semester default pada halaman login.
- Jangan lupa simpan untuk menyimpan hasil pengaturan 😁
3. Pengaturan kelas / rombel
Pengaturan ke 3 dan seterusnya adalah proses yang dilakukan dengan login tahun pelajaran dan semester sekarang dengan demikian perlu login ulang.
- Setelah pengaturan atau set tahun pejaran telah selesai dilakukan maka silahkan logout kemudian login kembali. (jika pengaturan tahun pelajaran dan semseter aktif anda sukses maka ketika ke laman login maka defaul semseter dan tahun pelajaran akan ada di posisi semester gasal tahun pelajaran sekarang)
- Setelah masuk ke dashboard semester gasal TP. 2022/2023 klik menu Lembaga pilih sub menu Kelas.
- Tambahkan kelas dengan cara button + tambah
- Silahkan lengkapi data tersebut diatas kemudian save changes
4. Pengaturan Mata Pelajaran
- Pengaturan mata pelajaran dapat dilakukan pada menu Guru sub menu Mengajar. kemudian pilih tingkatan dan kelas
- Setelah muncul daftar silahkan klik guru untuk input guru per kelas.
- atau dapat juga input per mapel dengan cara klik button tambah kemudian pilih mapel
- pilih mata pelajaran dan pilih guru maka akan uncul daftar kelas, cek mark / pilih kelas yang diampu oleh guru mapel terpilih
5. Pengaturan Siswa Baru dan Mutasi Masuk (Jika ada)
Langkah terakhir adalah pengaturan siswa dalam kelas / rombel. untuk langkah ini sebaiknya di lakukan untuk tingkatan pertama (kelas 7 untuk MTs serta kelas 10 untuk MA) dengan cara :
- Klik menu Siswa sub menu Data Siswa pilih Tingkatan dan kelas yang akan di tambah siswanya kemudian klik tombol Sync EMIS untuk tambahkan siswa Catatan : Meskipun bisa ditambah manual data siswanya sebaiknya tambah data dari hasil sync emis
- Setelah sync emis akan muncul daftar siswa masukkan NISN lokal 6 digit. tips : sebelum singkron siapkan daftar siswa baru dengan nis lokalnya untuk mempermudah input siswa nanti
- setelah selesai jangan lupa klik simpan
Demikian tutorial ini admin sampaikan, semoga bermanfaat
Posting Komentar
Posting Komentar